Food

Top 5 Cup Ramen Korea

   “Wah laper nih, makan apa ya yang murah?”, tanya rekan seperjalanan saya menjelajah Korea pertama kali saat itu.

   “Wah apa ya di sini yang murah kalau bukan cup ramyeon?”, jawab saya waktu itu.

   Sepakatlah kita pergi ke convenience store atau dalam bahasa lokal setempat disebut dengan Pyeoneuijeom (편의점). Sebenernya, ada banyak pilihan murah lainnya di Korea Selatan namun karena sudah bosan dengan tempat dan menu yang itu-itu aja, kami memutuskan untuk makan cup ramyeon kala itu. Oh ya, orang Korea sendiri menyebut ramen dengan sebutan ramyeon (sudah pada tahu ya para penggemar drama 😀 ).

   Karena waktu itu bagi Gadis Ransel kunjungan ke Korea adalah yang pertama kalinya, tentu saja masih awam banget tentang cup ramyeon. Yang penting kalau ada promo 1+1 atau 2+1 itu yang dipilih 😀 . Promo seperti ini banyak banget di 편의점 mulai dari makanan hingga minuman.

   Setelah menjadi residen, dari banyak macam cup ramyeon yang ada Gadis Ransel merekomendasikan lima macam jenis berikut. Perlu digaris bawahi bahwa cup ramyeon ini tidak dijamin kehalalannya ya!

1. Jin

   Jin ramyeon ini pertama kali dikenalin sama mantan pacar yang sekarang sudah jadi suami ;D . Awalnya paling suka Shin Ramyeon yang mana mudah banget didapat di Indonesia. Namun setelah merasakan Jin ramyeon rasanya lebih nendang. Jin ramyeon mengeluarkan dua pilihan rasa yaitu mild (tidak pedas) dan hot (pedas). Namun versi hot pun sama sekali tidak pedas buat Gadis Ransel pribadi. Btw, merk Ottugi ini sangat terkenal di Korea dengan berbagai macam produk makanan, minuman hingga bumbu dapurnya.

   Jin ramyeon merupakan rasa paling umum dari semua ramyeon yang ada. Kalau di Indonesia mungkin bisa disamakan dengan rasa ayam bawang tapi lebih ke versi pedasnya.

IMG-3081

2. Muphama

   Cup ramyeon yang kedua adalah Muphama. Muphama adalah singkatan dari Mu yang berarti lobak, Pha yang berarti daun bawang dan terakhir Ma yang merupakan singkatan dari Maneul yang berarti bawang.

   Tidak jauh berbeda dengan Jin ramyeon, menurut Gadis Ransel Muphama ini masuk dalam kategori base flavour ramyeon. Cup ramyeon satu ini punya rasa dan aroma bawang yang lebih menonjol namun masih tidak berlebihan. Oh ya, jangan berharap akan ada banyak topping lobak di dalamnya. Sejauh ini, paling banyak Gadis Ransel cuma menemukan tiga iris saja yang mana sangat tipis dan kecil ;( .

IMG-3079

3. Neoguri

      Neoguri (너구리) atau yang sering diplesetkan dengan RTA (bila dibaca terbalik) ini tetiba jadi terkenal dan lebih melejit lagi karena masuk di film Parasite. Neoguri ini masuk dalam kategori base flavour ramyeon. Dibandingkan dengan Jin dan Muphama, rasanya dan aromanya lebih lembut. Neoguri hadir dalam tiga rasa yaitu tidak pedas, pedas dan sangat pedas.

   Bagi Gadis Ransel Neoguri rasa pedas biasa saja dan rasa sangat pedas masih kalah dengan Buldak ramyeon.

IMG-3082

4. Yeol 

   Ah yang satu ini pedesnya pas buat Gadis Ransel. Caution ya buat temen-temen yang nggak bisa makan pedes jangan sekali-kali coba kalau nggak mau lidahnya terbakar. Sebenernya Yeol ramyeon ini tergolong base flavour seperti kebanyakan ramyeon yang ada di Korea. Hanya saja rasanya sangat pedas, cocok dimakan saat cuaca dingin atau pas lagi penat. Bisa ilang langsung stressnya hahaha 😀 .

IMG-3080

5. Jjaphagethi

   Ini adalah favorit diantara semua ramyeon diluar base flavour. Yup, Jjapgahethi merk Nongshim ini rasanya mirip dengan Jjajangmyeon atau mie saus kedelai. Sebenernya, buat penduduk lokal mereka bisa saja langsung pesan Jjajangmyeon langsung ke restoran china yang banyak tersebar. Hanya saja kalau cuma mau makan dikit mendingan pilih cup ramyeon dong! Jangan sampai salah pilih merk ya, karena ada banyak produk Jjapagheti dengan brand lain.

   Untuk ramyeon satu ini, saat membuatnya jangan lupa buang seduhannya ya. Cara bikinnya mirip dengan mie goreng di Indonesia. Rasanya manis dan tidak pedas, cocok buat anak-anak. Kalau mau pedas bisa tambahkan dengan bubuk cabai atau gochukaru. Btw, ramyeon ini juga terkenal di film Parasite karena dicampur dengan Neoguri dan daging sapi Hanu yang mahal. Jjapgahethi juga sering dimasak bersama dengan Buldak untuk meredam rasa pedasnya.

IMG-3083

BONUS

  Beberapa waktu terakhir ini, lagi booming Malathang di Korea. Malathang ini sebenernya adalah makanan khas negeri tirai bambu, tepatnya Kota Sichuan. Malathang ini adalah sup pedas (spicy hot pot) yang didalamnya bisa berisi apa saja mulai dari mie, sayuran, daging hingga seafood. Biasanya Malathang dimakan beramai-ramai bersama keluarga. Tapi gimana kalo sendirian? Hm, Malathang ramyeon bisa jadi solusinya. Karena di Korea, makan sendiri itu salah satu hal yang cukup bikin malu dan tidak banyak rumah makan yang welcome dengan pelanggan yang memesan satu porsi. Oleh sebab itu ada beberapa rumah makan dan menu yang bisa dipesan minimal untuk dua orang. Namun lama kelamaan di kota-kota besar makan sendiri tidak jadi masalah.

   Malathang ramyeon ini rasanya cukup berbeda dengan ramyeon Korea lainnya. Gadis Ransel sendiri agak kurang familiar. Bau adas/anise atau disebut juga dengan kembang lawang cukup terasa. Tapi bagi pecinta pedas nggak ada salahnya coba!

IMG-3084 (1)

     Bonus kedua adalah Bibimyeon merk Paldo. Bibimyeon berasal dari kata Bibim yang berarti campur dan Myeon yang berarti mie. Ini adalah ramyeon dengan bumbu asam manis dan enak dimakan dingin. Mungkin terdengar asing dan aneh di lidah orang Indonesia. Masa makan mie dingin sih? Tapi asli ini beneran enak, apalagi ditambah sepotong telur rebus ya 😀 . Sama dengan Jjaphagethi, jangan lupa buang seduhannya ya sebelum memasukkan bumbu. Btw, Gadis Ransel lupa nggak motoin versi cupnya huhuhu. Tapi pasti mencolok karena warna birunya yang khas.

IMG-3085

   Semua rekomendasi cup ramyeon di atas harganya berkisan ₩ 1,500 bila membelinya di 편의점. Biasanya sih Gadis Ransel makan bareng kimbab dan sosis yang juga dijual di 편의점. Rasanya lebih nikmat ! Cup ramyeon tersebut juga tersedia dalam versi bungkus biasa. Biasanya akan dikemas dalam satu pack berisi 5 bungkus. Harganya bervariasi mulai dari yang paling murah yaitu Jin Ramyeon seharga sekitar  ₩ 2,700 hingga yang termahal Muphama sekitar ₩ 5,000. SSsttt ramyeon ini juga bisa jadi ide oleh-oleh atau open PO loh!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s