Traveling

Fukuoka City Subway Pass

   Kali ini Gadis Ransel mau bahas salah satu pass yang cukup oke untuk digunakan di salah satu kota terbesar di Kepulauan Kyushu, yaitu Fukuoka. Penerbangan ke Fukuoka tidak hanya bisa diakses dari Haneda atau Narita. Saat ini beberapa maskapai dari Asia Tenggara seperti Air Asia, Philliphines Airlines dan Cebu Pacific juga mempunyai rute penerbangan ke Fukuoka.

   Fukuoka sendiri, kotanya jauh lebih tenang dibandingkan dengan Tokyo, Kyoto dan Osaka. Meskipun obyek wisatanya menurut Gadis Ransel sedikit kalah dengan kota besar tersebut namun masih worth untuk dikunjungi. Terutama bagi kalian yang ingin merasakan suasana Jepang yang berbeda dan sudah terbiasa mengunjungi kota metropolitan.

   Fukuoka memiliki sistem transportasi yang tidak jauh berbeda dengan kota lainnya. Bus dan subway sangat mendukung. Apabila kalian punya SUICA, juga bisa digunakan disini. Namun IC Card yang biasa digunakan di area Fukuoka bernama Hayakaken.

IMG-3060

   Liburan tahun baru 2019 Gadis Ransel berkesempatan untuk liburan ke Fukuoka selama lima hari. Kali ini bener-bener pengen liburan yang santai, bangun siang, nggak ngejar itinerary atau buru-buru. Sehingga memutuskan destinasi yang dikunjungi nggak jauh-jauh dari area kota. Meskipun pertama sempat terpikir untuk membeli JR Kyushu Pass dan menjelajah lebih banyak kota.

   Pada ulasan kali ini, Gadis Ransel ingin membahas lebih lanjut tentang Fukuoka City Subway Pass. Subway Pass ini tersedia dalam dua pilihan yaitu one day pass dan two day pass. Untuk one day pass dijual seharga 640 Yen dan two day pass dijual seharga 720 Yen. Gadis Ransel sendiri menyusun itinerary yang santai dengan memaksimalkan Fukuoka City Subway two day pass. Bukan berarti saat berkunjung ke Fukuoka harus membeli subway pass ini, namun silahkan lihat itinerary kalian kembali.

IMG-6548

   Subway di Fukuoka sangat mudah, nggak bikin pusing seperti di Tokyo. Hanya terdapat 3 line utama yaitu Kuko Line, Hakozaki Line dan Nanakuma Line. Dengan memanfaatkan subway pass ini, selama dua hari berturut-turut Gadis Ransel memanfaatkannya dengan cukup baik dan total penggunaannya lebih dari harga pass itu sendiri.

routemap
Sumber : subway.city.fukuoka.lg.jp

   Penggunaannya cukup mudah, silahkan masukkan pass ke dalam gate di stasiun, kemudian pass akan keluar lewat ujung satunya. Saat pertama kali memasukkan, bagian belakang pass akan tercetak tanggal berlakunya.

   Pass ini bisa dibeli di seluruh loket stasiun subway. Namun Gadis Ransel menyarankan untuk membelinya begitu tiba di Airport. Lokasi penjualan subway pass di Fukuoka Airport ada di 1F konter TISCO Japan Center yang buka pada pukul 08:00-20:00. Selain subway pass kalian juga bisa membeli berbagai macam pass di konter ini. Mereka juga menyediakan layanan penukaran uang serta rental handphone dan penyewaan WIFI yang sangat murah hanya 500 Yen/hari.

Sumber: econnectjapan.com

   Pada saat membeli subway pass petugas akan memberikan guide book berisi peta, contoh itinerary dan informasi benefit. Kalian juga bisa mengakses versi PDF nya di sini. Subway pass ini juga menawarkan benefit berupa diskon untuk masuk lokasi wisata dan beberapa merchant dengan pembelanjaan tertentu.

   Satu lagi cara termudah dan direkomendasikan untuk membeli subway pass ini adalah melalui website Klook : https://www.klook.com/activity/26871-fukuoka-subway-unlimited-pass/?aid=14158 . Sesampainya di Airport langsung redeem ke bentuk fisik yang ada di konter HIS. Satu lagi khusus buat pembaca Gadis Ransel, kalian bisa gunakan kode KLJPNUC untuk mendapatkan diskon 500 Yen hanya berlaku untuk pengguna baru. Kode ini berlaku hingga 31 Desember 2020 ya!

   Gadis Ransel sendiri terhitung hanya menggunakan subway sebanyak empat kali saja saat pulang pergi ke Ohorikoen dan Marinoa City. Loh kenapa nggak dimanfaatkan unlimited passnya untuk naik turun subway sebanyak-banyaknya? Well, Gadis Ransel cenderung lama berada di satu tempat untuk menikmati. Apalagi saat berkunjung ke Ohori-koen bisa setengah hari sendiri mulai dari menjelajah ruin castle dan berjalan-jalan di sekitar danaunya. Saat liburan, Gadis Ransel hanya mengunjungi dua lokasi saja dan maksimal tiga lokasi kalau memang berdekatan.

   Informasi lainnya, beberapa lokasi wisata di Fukuoka agak jauh dari stasiun, jadi harus transfer dengan bus atau taksi seperti Marinoa City dan Fukuoka Tower. Selama berada di Fukuoka, Gadis Ransel combine dua transportasi ini dan cukup nyaman. Untuk informasi seputar pass yang ada di Fukuoka kalian bisa baca infonya lebih lanjut di web Yokanavi.

   Beberapa lokasi wisata yang direncanakan ternyata ada yang kelewat satu, yaitu Fukuoka Tower. Cuma bisa fotoan dari area Marinoa City. Okay, ini jadi PR Gadis Ransel selanjutnya karena merasa “hutang” belum mengunjungi tower ini. Apabila kalian membeli Fukuoka Subway Pass maka tiket masuk akan didiskon sebesar 80 Yen.

   Buat kalian yang sudah cukup sering mengunjungi area Kanto dan Kansai, Kyushu bisa menjadi pilihan. Kalau kebetulan liburannya cukup lama, bisa melipir sambil mengunjungi Nagasaki, Oita dan Kumamoto. Kalian bisa memanfaatkan JR Kyushu Pass yang bisa dibeli di Klook dengan harga bersaing dibandingkan dengan travel agent lainnya. Berikut adalah link JR Kyushu Pass di website Klook.

   Semoga ulasan kali ini membantu sedikit tentang di Fukuoka ya! Nggak sabar rasanya pengen liburan dan menjejakkan kaki lagi di negara satu ini. Tentunya di kota lainnya!

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s