Tips · Traveling

Review Oak Hostel Zen Ueno

   Halo sobat Gadis Ransel! Saat sedang menulis ini, situasi dunia sedang tidak baik karena adanya wabah virus korona. Gadis Ransel lagi kangen banget pengen jalan-jalan karena udah bosen di rumah. Pas lagi buka-buka foto liburan lalu ke Jepang, nemu beberapa foto hostel yang layak banget buat dibagikan.

   Saat liburan solo ke Tokyo, Gadis Ransel menginap di Oak Hostel Zen yang ada di Ueno tepatnya Uguisudani. Lokasinya sangat strategis dekat dengan St Uguisudani yang cuma satu stasiun sebelum St Ueno. Cocok banget buat kalian yang datang dari Narita/Haneda.

   Meskipun hotel bintang 2 atau yang lebih terkenal dengan hostel, tempatnya sangat bersih dan fasilitasnya cukup lengkap. Tersedia family room hingga dorm yang dapat dipilih sesuai kebutuhan kalian. Harganya juga terjangkau untuk seukuran Jepang. Selain itu lokasinya strategis dekat dengan stasiun, konbini favorit Gadis Ransel yaitu Lawson 100, dan berada di quiet place.

   Pertama, Gadis Ransel memesan tipe kamar single bed dormitory seharga 2800 Yen. Dalam satu kamar, berisi 10 single bed yang mana ini sangat nyaman. Tempat tidur cukup nyaman, tersedia lampu privasi dan tempat untuk menggantungkan baju. Kamar cukup luas dan tersedia kamar mandi di dalamnya. Karena kamar mandi hanya satu, terkadang beberapa tamu mandi di kamar mandi yang ada di luar karena bisa saja cukup lama mengantri.

IMG-3017

   Beberapa hari kemudian saat harus check out, ternyata tamu privat Gadis Ransel ada perubahan jadwal yang mengakibatkan Gadis Ransel harus memperpanjang menginap di sini. Namun sayangnya kamar sudah penuh, tidak ada space kosong di single bed dormitory. Resepsionis menawarkan dormitory room yang tinggal satu. Karena sudah malam, Gadis Ransel menyetujui saja. Sayangnya dormitory room ini kurang nyaman karena terlalu banyak isinya. Berisi ranjang tingkat dan kasurnya tipis. Tapi untungnya dapat bed di bawah jadi lebih mudah untuk mobile. Di kamar ini tidak tersedia kamar mandi, namun terdapat sandal dan loker untuk menyimpan barang.

Sumber : www.japankuru.blogspot.com

   Berikut beberapa fasilitas yang tersedia di hostel ini. Fasilitasnya cukup lengkap, bikin betah dan pengen balik lagi. Kita mulai dari bagian dapur dulu ya! Dapurnya cukup luas. Semua peralatan yang dibutuhkan ada di sini mulai dari kulkas, microwave, kompor induksi, peralatan masak dan makan, hingga teh dan kopi. Tersedia juga meja makan dan TV. Sambil makan bisa sembari lihat TV, tapi isinya program berbahasa Jepang ya 😀 .

IMG-3024
Setelah menggunakan peralatan jangan lupa langsung dicuci.
IMG-3028
Peraturan meletakkan makanan di kulkas harus dipatuhi.
IMG-3023
Meja makan di dapur, ada di TV di kanannya.

   Selain fasilitas dapur, tersedia fasilitas yang esensial banget yaitu coin laundry dan pengering. Hari terakhir sebelum turun ke Kyoto, Gadis Ransel memanfaatkan fasilitas ini dan bajunya langsung kering! Untuk detergent kalian bisa beli di resepsionis. Fasilitas coin laundry dan pengering ini berbayar ya. Kalau tidak salah 200 Yen untuk laundry dan 100 Yen untuk pengering. Hanya saja Gadis Ransel lupa untuk memotretnya.

   Fasilitas lainnya adalah adanya space informasi spot wisata, loker dan vending machine. Untuk loker, kalian perlu memasukkan koin 100 Yen yang akan dikembalikan saat kalian mengambil barang.

IMG-3070IMG-3071IMG-3613

   Satu lagi fasilitas public space untuk sekedar cuci muka, gosok gigi dan mengeringkan rambut. Lokasinya tepat berada di satu ruangan dengan dapur.

IMG-3076

   Selain itu terdapat public space bernuansa Jepang dan modern untuk sekedar duduk dan membaca koran, mengobrol dengan teman yang ada di dekat resepsionis dekat dengan pintu masuk. Tak hanya itu, tersedia juga PC yang bisa dimanfaatkan untuk surfing.

Image result for oak hostel zen uguisudani
Sumber: http://www.booking.com
Image result for oak hostel zen uguisudani
Sumber: http://www.booking.com

   Hostel ini juga menyediakan beberapa fasilitas lain. Fasilitas ini bisa kalian tanyakan ke resepsionis karena tidak semua fasilitas gratis diletakkan di kamar, kamar mandi atau public space. Selain fasilitas gratis mereka juga menyedian fasilitas berbayar seperti pada gambar berikut.

IMG-3073

   Kalau kalian memesan hostel ini lewat website mereka langsung, sebaiknya lakukan registrasi member karena mereka akan memberikan bonus 500 Yen. Dengan registrasi menjadi member kalian akan mendapatkan poin setiap kali melakukan reservasi dan diskon menarik lainnya. Silahkan melakukan pendaftaran di link berikut : https://oakhostel.com/jpn/point_present/index.html

IMG-3074

   Bagi Gadis Ransel sendiri hostel ini sangat worth baik untuk solo traveler maupun bersama dengan keluarga. Next kalau kembali ke Tokyo, Gadis Ransel prefer untuk kembali ke hostel ini. Resepsionisnya juga ramah, kami seringkali mengobrol saat malam hari. Kalian juga bisa menitipkan tas terlebih dahulu diluar jam check ini atau bahkan saat keluar kota sekalipun untuk beberapa hari. Tidak hanya di Uguisudani, hostel ini juga punya cabang di area lain seperti Ikebukuro, Oshiage, Morishita, Asakusa, dan tipe kabin di area Nihonbashi.

   Semoga review penginapan kali ini membantu ya, karena kita tahu betapa penginapan di Jepang cukup costly dan cukup susah untuk menemukan penginapan yang layak dengan harga terjangkau.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s